Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Talang Air terutama ketika Musim Hujan

Temanmama.com - Talang adalah bagian paling teratas di rumah, Mam. Talang baru berfungsi tatkala hujan mengguyur atap rumah. Tugasnya adalah mengalirkan air melalui pipa atau ke saluran air yang telah disediakan. Jika talang bermasalah, air yang seharusnya dialirkan langsung ke tanah dapat merembes ke dalam rumah.

Apakah mama pernah mengalami hal tersebut? Ketika turun hujan, air yang melewati talang justru menetes dan membasahi dalam rumah? Bisa jadi hal tersebut disebabkan talang mengalami sumbatan.

Jika memang karena sumbatan, mama juga dapat memperhatikan apakah letak talang air di rumah berdekatan dengan pohon? Jika benar, mama sudah harus rutin mengeceknya, karena daun-daun kering pada pohon bisa saja bertumpuk dan menyumbat lubang talang air.

Cara Membersihkan Talang Air terutama ketika Musim Hujan

Jika sumbatan pada talang air dibiarkan, maka tidak hanya luapan air hujan yang masuk ke rumah. Tembok mama pun akan menjadi rusak karena air hujan tersebut membasahi cat dinding dan menyebabkan berkembangnya jamur.

Mungkin banyak orang, termasuk mama, jika membersihkan rumah hanya pada bagian dalam. Sekalipun bagian luar, hanya pekarangan rumah. Mungkin juga karena letak talang yang tinggi sehingga perlu tenaga ekstra untuk membersihkannya.

Cara mengetahui talang air bermasalah

Sebenarnya, cara paling gampang mengetahui talang air bermasalah adalah ketika atap rumah mengalami kebocoran. Jika hal ini terjadi, maka mama harus segera berbenah. Pasalnya “kebocoran” adalah pertanda talang air sedang bermasalah. Segera atasi hal tersebut, terutama ketika memasuki musim hujan.

Setelah mengetahui ada bocor di bagian talang, mama dapat mengeceknya dan membersihkan talang air. Idealnya, membersihkan tiga kali dalam setahun. Namun jika di sekeliling rumah terdapat pepohonan rimbun, bisa lebih dari itu.

Cara membersihkan talang air dengan benar

Ambillah tangga dan pasang yang benar di tanah agar mampu menopang berat badan mama dengan baik. Kemudian, berdirilah di atas tangga. Usahakan jangan terlalu bersandar di satu sisi tangga atau berdiri di dua anak tangga teratas.

Setelah dirasa posisi berdiri di tangga aman, mama dapat melakukan pembersihan. Ingat juga, perhatikan faktor cuaca, jangan membersihkan ketika cuaca mendung atau gerimis.

Pijakan pada tangga juga harus kuat, jangan gunakan sandal atau sepatu yang licin.

Untuk mengambil kotoran pada talang lebih baik gunakan sarung tangan dan kacamata pelindung agar tak terkena debu atau silau cahaya.

Apabila kotoran di talang sedikit, mama bisa mencomot menggunakan tangan. Namun jika kotoran sudah menumpuk dan padat, bisa menggunakan sekop kecil.

Buanglah semua kotoran pada talang air dan sapu dengan bersih. Agar mama yakin tidak ada sampah tersisa, maka bersihkan talang menggunakan semprotan air agar kotoran pada dinding pipa saluran benar-benar lenyap.

Demikianlah, tips membersihkan talang air yang benar. Sebaiknya, sebelum masuk musim hujan, mama sudah bersih-bersih talang air terlebih dahulu. Semoga artikel ini dapat membantu!

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Talang Air terutama ketika Musim Hujan"