Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Obat Muntah Anak di Apotik dan Harganya

Temanmama.com – Anak tiba-tiba muntah tentu akan membuat kita sebagai orang tua panik dan khawatir.

Sering kali kepanikan kita tidak membuat kita tanggap dalam mencari solusi dari masalah tersebut. Di sini peran kita sebagai ibu sangat penting.

Memang tidak dipungkiri jika baru menjadi orang tua atau baru kali ini mengalami kejadian anak muntah-muntah, orang tua mana yang tidak panik?

Tapi misalkan terjadi hal tersebut, hal pertama yang harus mama perbuat adalah bersikap tenang. Mama pikirkan lagi, kira-kira apa yang menyebabkan anak muntah? 

Seperti dikutip dari website nhsinform.scot, sesekali muntah merupakan hal yang normal untuk bayi dan anak-anak. Dalam kebanyakan kasus, muntah ini akan berlangsung tidak lebih dari satu sampai dua hari. Namun jika lebih dari itu termasuk kategori yang serius dan membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi Obat Muntah Anak di Apotik dan Harganya

Akan tetapi jika dirasa muntahnya agak berbahaya, mama dapat segera membawa Si Kecil ke dokter anak. Namun apabila muntahnya masih bisa ditangani, sebelum memberikan obat dari apotik, mama dapat mencoba mengatasi muntah anak dengan beberapa cara berikut ini.

Mengatasi muntah pada anak di rumah

Cara pertama, istirahatkan Si Kecil di rumah. Biakan dia rileks setelah mengalami muntah-muntah. Perhatikan posisi tubuh Si Anak agar selalu tegap, bisa juga berbaring tengkurap atau miring. Mengapa? Tujuannya agar Si Kecil tidak menghirup muntahan ke dalam paru-paru atau saluran pernapasan.

Cara kedua, cegah dehidrasi pada Si Kecil. Jangan sampai Si Kecil mengalami dehidrasi karena bisa berefek tidak baik bagi anak. Jika dia masih menyusui, maka berikan ASI. Cairan lain yang bisa dikonsumsi adalah air madu, air putih, dan oralit. Kemudian pemberian cairan jangan langsung semua, tetapi berikan secara bertahap kira-kira selama 30 menit atau lebih.

Cara ketiga, jangan berikan Si Kecil makanan yang sulit dicerna. Misalnya, makanan yang mengandung lemak. Ganti jenis makanan sulit dicerna dengan sup kaldu, roti, sereal, sayuran, atau buah-buahan.

Cara keempat, mama dapat memberikan Si Kecil obat muntah tradisional ataupun obat yang dibeli di apotik. Di bawah ini Teman Mama jelaskan obat tradisionalnya terlebih dahulu, baru kemudian obat muntah dari apotik.

Rekomendasi obat muntah tradisional untuk anak

Jahe. Jahe ini tentunya hampir selalu tersedia di setiap rumah. Tak cuma untuk orang dewasa, jahe juga dapat menjadi obat muntah untuk anak. Cara menyiapkannya cukup mudah. Buatlah secangkir jahe yang sudah mama campurkan dengan madu. Nah, khasiat jahe adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan gejala diare.

Air lemon. Lemon mengandung vitamin C yang kaya serta antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Lemon juga dapat meningkatkan imunitas pada anak. Namun, catat ya Mam, lemon memiliki sifat asam yang tinggi sehingga perlu dicampurkan dengan madu agar tidak terlalu asam.

Kayu manis. Rempah yang satu ini memiliki khasiat meringankan rasa mual pada anak. Cara membuatnya juga mudah. Mama hanya perlu memasukkan sepotong kayu manis ke dalam air mendidih. Lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian masukkan ke cangkir dan bila perlu tambahkan madu. Konsumsi minimal tiga kali per hari.

Air tajin. Flu perut atau gastroenteritis dapat diatasi dengan mengonsumsi air tajin. Nah, air tajin juga dapat mengatasi muntah pada anak, Mam. Mama dapat memberikan secukupnya air tajin pada anak setelah muntah.

Rekomendasi obat muntah anak di apotik dan harganya

1. Domperidone

Domperidone dapat memperlancar proses pencernaan di lambung dan usus. Obat ini juga bisa melambatkan sinyal muntah pada Si Kecil. Obat ini bisa diberikan anak yang muntah karena kekenyangan makan atau lantaran dampak samping obat lain. Efek domperidone seperti sakit kepala, mulut kering, kantuk, diare, dan keram perut.

Kisaran harga Rp 35.000

2. Ondansetron

Obat ini biasanya didapatkan dari resep dokter. Karena perlu ada takaran dosis dan waktu pemberian obat membutuhkan pengawasan dokter. Obat ini biasa diberikan jika anak mengalami mual dan muntah yang disebabkan muntaber akut. Efek samping obat ini adalah wajah memerah, mulut kering, diare, sembeli, dan sakit kepala.

Kisaran harga Rp 11.000 (untuk tabel), Rp 57.000 (untuk sirup)

3. Metoclopramide

Obat ini biasa digunakan untuk meredakan rasa panas di bagian perut, maag, asam lambung, atau untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Obat ini dikonsumsi atas dasar resep dokter karena biasanya digunakan untuk anak yang memiliki gejala gerd. Kemudian efek samping obat ini adalah kantuk, keram perut, diare, sakit kepala, dan mulut kering.

Kisaran harga Rp 18.000

4. Dimenhydrinate

Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati dan mencegah mual, muntah, dan pusing yang disebabkan mabuk di perjalanan. Namun obat ini juga didapat diberikan kepada Si Kecil untuk mengatasi pusing dan mual.

Kisaran harga Rp 20.000

5. Polysilane

Polysilane ini khusus untuk anak-anak. Berbentuk kapsul granul yang dapat diberikan kepada anak-anak dengan cara dicampurkan ke dalam makanan ataupun susu. Obat ini digunakan untuk mengatasi perut kembung, mula, muntah, serta kejang pada perut Si Kecil.

Kisaran harga Rp 35.000

Demikian informasi yang dapat kami berikan kepada mama. Semoga Si Kecil cepat sembuh. Jika artikel ini membantu, jangan lupa share ya. Dan untuk obat apotik yang direkomendasikan sebaiknya konsultasikan kepada dokter anak agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Obat Muntah Anak di Apotik dan Harganya"