Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Rambutan? Yuk Simak Penjelasannya, Mam

Temanmama.com – Apakah boleh ibu menyusui makan buah rambutan? Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan mama yang sedang menyusui. Apalagi ketika musim rambutan, maka siapa yang bisa tahan untuk tidak mencobanya, Mam.

Bernama Latin nephelium lappaceum, rambutan tumbuh subur di Indonesia karena beriklim tropis. Asal mula rambutan dari kepulauan di Asia Tenggara, Mam.

Mungkin dinamai rambutan karena buah ini memiliki rambut pada sekujur kulitnya, Mam. Tak hanya di Indonesia, rambutan juga tumbuh subur di Malaysia, Filipina, Thailand, Sri Lanka, India, Kamboja, Afrika, Karibia, dan Amerika Tengah.

Orang asing menyebut buah rambutan sebagai hairy fruit. Buah ini bisa tumbuh di ketinggian hingga 500 meter di atas permukaan laut, Mam. Karena itu, rambutan kurang baik pertumbuhannya pada lokasi yang mengandung genangan air.

Sebelumnya, mama juga perlu tahu mengenai morfologi, jenis-jenis, dan manfaat dari buah rambutan yang sudah dirangkum Temanmama.com.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Rambutan?
Sumber gambar: GoPlaces/Pixabay

Morfologi buah rambutan

Rambutan yang matang atau ranum memiliki warna kuning hingga merah, Mam. Daging buahnya ditutupi endokarp berwarna putih. 

Buah yang mama makan adalah daging buahnya. Di dalam daging terdapat biji yang melekat kuat atau mudah terlepas atau disebut sebagai "ngelotok".


Bentuk buah rambutan lonjong dengan panjang 4-5 sentimeter. Jika sudah matang, daging buahnya berwarna putih dan transparan serta mengandung air. Rasanya bervariasi, dari masam sampai manis.

Jenis-jenis buah rambutan

Sudah berapa jenis buah rambutan yang mama makan? Coba sebutkan, Mam...

Di Indonesia buah rambutan diproduksi sebagian besar di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Meski banyak jenis rambutan, hanya beberapa saja yang dibudidayakan dan disukai orang-orang Indonesia, Mam. Di antaranya:
  • Rambutan rapiah
  • Rambutan aceh lebak bulus
  • Rambutan cimacan
  • Rambutan binjai
  • Rambutan sinyonya

Kandungan nutrisi buah rambutan

Apakah buah rambutan mengandung nutrisi?

Menurut pakar kesehatan, buah rambutan memiliki manfaat kesehatan dan kandungan nutrisi yang setara dengan apel dan jeruk, Mam.

Di dalam buah rambutan terdapat senyawa penting yang dibutuhkan manusia, seperti zat besi, Vitamin C, protein, fosfor, dan karbohidrat, Mam.


Komposisi kimia buah rambutan, seperti dikutip dari Wisnu Broto (1990), secara lengkap adalah: air, protein, lemak, glukosa, sukrosa, fruktosa, pati, serat makanan, asam malat, asam sitrat, energi, Vitamin C, thiamin, ribo flavin, niacin, mineral, Ca, K, N, Mg, Fe, Zn, dan P.

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan

  • Menambah stamina. Setelah berolahraga atau beraktivitas yang melelahkan, buah rambutan baik sekali dikonsumsi karena mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah melakukan berbagai pekerjaan.
  • Menangkal radikal bebas. Kulit buah rambutan dapat menangkal radikal besar, menurut berita Times of India. Senyawa organik dalam rambutan tersebut dapat melawan serangan radikal bebas dan membantu menjaga tubuh dari kerusakan oksidatif.
  • Obat diabetes. Rambutan dapat membantu menurunkan kadar gula atau glukosa. Karena itu, buah ini dapat mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Melindungi ginjal. Rambutan dapat membantu menjaga kesehatan ginjal karena kandungan fosfor yang dapat membersihkan kotoran yang mengendap di ginjal.

Buah rambutan dikonsumsi ibu menyusui, bolehkah?

Mama harus memenuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui si kecil, Mam. Setidaknya mama tahu kebutuhan kandungan gizi dari makanan seperti: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak (Omega-3 dan Omega-6), serta vitamin dan mineral yang dikandung buah-buahan atau sayuran.

Jenis mineral dan vitamin dapat mama penuhi dari kuning telur, daging, makanan laut, kacang-kacangan, telur, minyak ikan, ikan laut, susu keju, buah-buahan, padi, dan lain-lain.

Sebenarnya, tidak ada pantangan makanan khusus untuk ibu menyusui, Mam. Yang tidak boleh dikonsumsi adalah alkohol, obat-obatan kimia, rokok. Kemudian untuk teh, soda, dan kopi masih dapat dikonsumsi tetapi harus dibatasi, Mam.

Intinya, buah rambutan boleh dikonsumsi ibu menyusui karena kandungannya tidak membahayakan. Sebelumnya, mama dapat memilih buah rambutan yang sudah masak—bisa dilihat dari warna merah yang menandakan ranum. Konsumsilah buah rambutan yang rasanya manis dan enak. Semoga informasinya membantu, Mam!

Posting Komentar untuk "Bolehkah Ibu Menyusui Makan Rambutan? Yuk Simak Penjelasannya, Mam"

Berlangganan via Email