-->
Adakah Efek Kangkung untuk Ibu Menyusui? Ini Penjelasannya

Adakah Efek Kangkung untuk Ibu Menyusui? Ini Penjelasannya

Siapa yang suka sayur kangkung? Apalagi kangkung yang dibumbui cabai, atau jika mama makan seafood yang di sampingnya ada "cah kangkung" pastinya sangat maknyus.

Bagian kangkung yang sering dikonsumsi adalah daun dan batangnya. Kangkung rasanya segar dan mengandung banyak vitamin seperti A,B, dan C.

Selain itu, kangkung juga kaya akan serat seperti sayuran pada umumnya. Gizi dalam 100 gram kangkung mengandung 458 gram kalium dan 49 gram natrium, Mam.

Adakah Efek Kangkung untuk Ibu Menyusui? Ini Penjelasannya
Sumber gambar: Pixabay/Nipapun


Tapi apakah aman jika ibu menyusui mengonsumsi kangkung? Yang jelas kangkung bukan sayuran yang dilarang, Mam, karena kandungan nutrisinya bagus untuk ibu menyusui.

Dengan kata lain, tidak ada dampak buruk mengonsumsi kangkung bagi ibu menyusui, Mam. Justru efek yang ada adalah baik, seperti yang sudah dirangkum Temanmama.com berikut ini.

1. Kangkung mengandung antioksidan dan serat alami

Sayur kangkung mengandung senyawa fitokimia. Apa itu senyawa fitokimia? Yakni komponen bioaktif dan antioksidan alami yang baik untuk tubuh, Mam.

Senyawa ini mengandung nutrisi dan serat alami yang mampu mencegah penyakit akibat radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker.

Manfaat fitokimia lainnya:
  • menurunkan risiko kanker
  • mencegah stroke
  • mencegah tekanan darah tinggi
  • mencegah katarak
  • mencegah osteoporosis
  • mencegah infeksi saluran pencernaan

2. Kangkung menyehatkan mata

Tak hanya wortel, kangkung juga mengandung vitamin A dan menjaga kesehatan mata mama. Kandungan vitamin A ini dapat mencegah mata kering karena memproduksi cairan serta melindungi dari infeksi bakteri.


3. Kangkung mencegah dehidrasi

Nutrisi yang terdapat dalam sayur kangkung dapat mencegah mama dari dehidrasi karena mineral natrium dan kaliumnya.

Mineral-mineral tersebut dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh mama. Selama menyusui, mama akan terbantu dari kehilangan banyak cairan.

4. Kangkung mencegah anemia

Di samping mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan air pada tubuh manusia, kangkung juga dapat mengatasi masalah anemia, Mam.

Dalam kangkung terkandung zat besi yang dapat menambah sel darah merah atau hemaglobin. Nah, sel darah merah ini dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen ke sel-sel dan organ-organ tubuh, Mam.


5. Kangkung meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kangkung dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh manusia sekaligus mengatasi kerusakan sel, Mam.

Begitu pun penyakit kronis seperti stroke dan jantung dapat dilawan dengan vitamin C yang terdapat dalam kangkung, Mam.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya informasi tentang sayur kangkung bagi ibu menyusui. Jika bermanfaat, jangan lupa share ya, Mam!
Baca Juga
SHARE
LATEST Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment