Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Boleh Ibu Hamil Minum Sop Buah? Yuk, Simak Penjelasannya!

Apakah mama yang sedang hamil tiba-tiba ngidam sop buah?

Sop buah adalah jenis minuman yang menyegarkan, bukan? Pas banget dikonsumsi ketika cuaca panas. Apalagi di kandungan buah dalam sopnya mengandung berbagai vitamin dan mineral, Mam.

Tapi adakalanya muncul pertanyaan pada ibu hamil: Apakah boleh mengonsumsi sop buah selama kehamilan?

Pertanyaan ini akan dijawab, tapi sebelumnya sebaiknya kita kenali terlebih dahulu apa saja buah-buah yang dibutuhkan ibu hamil dan buah apa yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, Mam.

Berhubung sedang hamil, maka mama harus mencukupi kebutuhan cairan selama kehamilan. Setidaknya mama dapat minum hingga 9 gelas setiap hari.

Apakah Boleh Ibu Hamil Minum Sop Buah?
Sumber gambar: lindaroisum/Pixabay

Tapi ada cara yang lebih mudah dan enak mencukupi kebutuhan cairan bagi ibu hamil, yaitu dengan menambahkan jus buah ke dalam menu minuman harian, Mam.

Jadi selain kebutuhan cairan dapat dipenuhi, kebutuhan nutrisi dari buah juga didapatkan, Mam.

Sebelumnya, Temanmama.com terlebih dahulu jelaskan buah-buah yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan, Mam.

Manfaat makan buah selama kehamilan

Saat hamil, mengonsumsi makanan yang sehat dan bervariasi adalah hal yang penting karena nutrisi yang cukup akan membantu janin tumbuh dan berkembang secara wajar, Mam.

Selain mendukung perkembangan bayi, tambahan vitamin dan mineral juga dapat membantu ibu hamil menjaga tubuhnya dalam keadaan sehat wal afiat.

Manfaat makan buah selama kehamilan
Sumber gambar: silviarita/Pixabay

Mengonsumsi banyak buah-buahan selama kehamilan dapat membantu mama dan janin tetap sehat. Selain itu, buah segar juga mengandung nutrisi penting dan sebagai sumber serat yang baik, Mam.

Berikut ini beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi ibu hamil:
  • Buah jeruk. Buah ini mengandung tiga unsur penting, yaitu folat, air, dan vitamin C. Jeruk juga membantu mama agar tetap terhindari dan sehat. Sedangkan vitamin C dapat membantu mama mencegah kerusakan sela dan membantu penyerapan zat besi. Kandungan folat dapat mencegah cacat saraf, kelainan otak, dan sumsum tulang belakang pada bayi bayi.
  • Buah mangga. Mangga merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan C. Satu buah mangga dapat memberikan 100 persen dari kebutuhan vitamin C dan lebih dari sepertiga vitamin A harian orang dewasa. Bayi yang lahir dengan kekurangan vitamin A dapat memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan berisiko mengalami komplikasi kelahiran yang lebih tinggi.
  • Buah alpukat. Alpukat adalah buah yang mengandung sumber vitamin C, E, dan K, serta serat, vitamin B, Kalium, tembaga, dan lemak sehat. Lemak sehat ini dapat menyediakan energi dan mencegah terjadinya cacat saraf pada bayi.
  • Buah pisang. Pisang merupakan buah yang mengandung vitamin C, kalium, vitamin B-6, dan serat. Kandungan tinggi serat pisang dapat membantu mengatasi sembelit dan vitmain B-6 dapat membantu meringankan mual dan muntal pada masa awal kehamilan.
  • Buah anggur. Anggur adalah buah yang mengandung vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin. Nutrisi yang dikandung anggur dapat membantu perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan. Juga anggur mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Selain kelima buah tersebut, sebenarnya masih ada buah-buah lain yang baik dikonsumsi ibu hamil, seperti:
  • Aprikot
  • Pir
  • Jambu biji
  • Beri
  • Apel

Baca juga: Berapa Kali Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Mie Instan?

Buah-buahan yang harus dihindari selama masa kehamilan

Sebagian besar buah memang mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh ibu hamil selama masa kehamilan, terutama ketika janin mengalami percepatan pertumbuhan.

Namun ada juga jenis buah-buahan yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Beberapa buah ini dapat mempengaruhi kesehatan janin dan jenis yang lain dapat berisiko menyebabkan keguguran.

Buah-buahan apa sajakah itu?

1. Nanas

Nanas memang buah yang lebih baik tak perlu dikonsumsi selama kehamilan, terutama pada trimester pertama kehamilan, Mam.

Pasalnya, buah nanas dapat menyebabkan kontraksi uterus sehingga mengakibatkan janin keguguran.

Kandungan nanas adalah bromelanin, yakni enzim yang dapat memecah protein. Enzim ini dapat melunakkan serviks dan menyebabkan persalinan dini.

2. Asam Jawa (tamarind)

Asam jawa sejak dahulu kala digunakan sebagai penangkal mual di waktu pagi hari, Mam.

Asam jawa mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan menjadi alasan penting mengapa buah ini harus dihindari selama kehamilan.

Pasalnya, kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi, jika dikonsumsi berlebihan, dapat menekan produksi progesteron dalam tubuh.

Sedangkan kadar progesteron yang rendah dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan kerusakan pada sel janin.

Itu sebabnya, mama harus memastikan tidak mengonsumsi terlalu banyak asam, terutama selama trimester pertama.

3. Pepaya muda

Ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi buah pepaya muda, Mam. Alasannya karena pepaya mudah mengandung lateks dan papain yang tinggi.

Lateks dapat mengakibatkan kontraksi rahim sehingga memicu persalinan dini. Sedangkan papain dapat menginduksi persalinan.

Sebaliknya, pepaya yang sudah matang justru baik bagi ibu hamil. Pasalnya buah ini mengandung vitamin dan serat yang baik untuk ibu hamil.

4. Semangka

Mengonsumsi semangka sebenarnya boleh saja bagi ibu hamil, tetapi asalkan tidak berlebihan, Mam.

Pasalnya, jika mama makan semangka terlalu banyak dapat meningkatkan kandungan gula di dalamnya sehingga kadar glukosa meningkat.

Di beberapa wanita hamil, semangka bisa menyebabkan induksi lebih dini. Tapi jika mama ragu mengonsumsi semangka lebih baik dikonsultasikan ke dokter terkait.

Bolehkah ibu hamil minum sop buah?

Berdasarkan jenis buah yang boleh dan tidak boleh dimakan tentu mama harus mengetahui potongan buah apa saja yang terdapat di sop buah.

Selama mama mengonsumsi buah dalam jumlah yang wajar, hal itu tentu tidak akan berdampak buruk pada kandungan.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Buah Duku?

Namun tentu reaksi setiap ibu hamil terhadap jenis makanan tertentu kadangkala berbeda-beda. Jadi sebaiknya hubungi dokter agar mendapatkan penjelasan yang lebih detail terutama jika dikaitkan dengan kondisi kandungan mama.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya informasi tentang makanan sehat bagi ibu hamil. Jika bermanfaat, jangan lupa share ya, Mam!

Post a Comment for "Apakah Boleh Ibu Hamil Minum Sop Buah? Yuk, Simak Penjelasannya!"

Berlangganan via Email