5 Manfaat Penting Dongeng untuk Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Anak

5 Manfaat Penting Dongeng untuk Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Anak

Apakah mama suka mendongengkan si kecil? Apakah sebelum tidur mama pernah bercerita sesuatu kepada si kecil? Dongeng adalah kisah penting untuk menemani masa kecil si anak, Mam.

Kisah-kisah yang terdapat dalam dongeng tidak hanya bersifat menghibur, tetapi juga menggambarkan pelajaran moral melalui karakter tokoh dan kebajikan yang ditunjukkan dalam cerita, Mam.

Kisah-kisah dalam dongeng tidak hanya menarik bagi imajinasi anak kecil, melainkan juga dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir mereka.

Perlu mama catat bahwa seorang anak bisa belajar banyak dengan hanya mendengarkan kisah-kisa luar biasa dari dongeng.

Dengan menceritakan dongeng kepada anak, maka secara tidak langsung akan menciptakan ikatan yang erat antara orang tua dengan anak, Mam.

Dongeng akan membawa anak-anak ke ruang imajinasi mereka. Ketika mereka tumbuh dewasa, kebenaran moral dari kisah-kisa dongeng masa kecil mereka akan tetap ada dalam hati dan pikiran mereka, Mam.

Namun masalahnya, tidak banyak orang tua yang percaya soal pentingnya dongeng untuk anak-anak mereka. Berdasarkan sebuah penelitian, dongeng dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam perkembangan pikiran seorang anak.

Di samping itu, dongeng adalah sesuatu yang menyenangkan dan membawa banyak manfaat bagi anak-anak, Mam. Berikut ini Temanmama.com rangkum beberapa manfaat luar biasa dari dongeng.

Manfaat dongeng untuk anak
Sumber gambar: Tumisu/Pixabay

1. Membantu anak memecahkan masalah

Dalam dongeng, anak-anak dapat belajar dari karakter dari cerita dan hal ini membantu mereka menghubungkan situasi tersebut dengan kehidupan mereka sendiri, Mam.

Kisah-kisah dalam dongeng menunjukkan kepada anak-anak soal bagaimana memiliki pandangan positif ketika sedang cemas dan menghadapi masalah dalam hidup.

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Mendengarkan Musik untuk Anak

Dengan membacakan dongeng kepada anak dapat mengajarkan mereka keterampilan berpikir kritis, Mam.

2. Membangun ketahanan pada diri anak

Dunia saat ini dapat dipandang sebagai tempat yang menakutkan, Mam.

Di antaranya banyak keluarga dan anak-anak yang mengalami stres dalam kehidupan.

Dalam situasi seperti itu, anak-anak perlu menyadari bahwa hal-hal buruk dapat menimpa siap saja, Mam.

Itu sebabnya, mengapa dongeng dapat membantu mereka mengembangkan ketahanan emosional dengan cara menghubungkan cerita dengan masalah di dalam kehidupan riil dan hanya mereka yang kuat yang bisa menang.

Kisah-kisah dalam dongeng menunjukkan kepada anak-anak bahwa kita semua dapat melewati masalah dalam hidup. Selain itu, cerita dongeng juga mengajari bahwa kita harus selalu siap dan percaya bahwa setiap orang dapat berhasil dalam hidupnya.

3. Mengembangkan literasi anak sejak dini

Mam, ada sebuah kutipan yang bagus dari Albert Einstein: "Jika Anda ingin anak-anak menjadi cerdas, maka bacakan dongeng. Tapi jika Anda ingin mereka pintar, maka bacakan lebih banyak dongeng."

Bercerita di sini memainkan peran penting dalam pengembangan literasi anak sejak kecil, Mam. Dengan bercerita juga, mama secara tak langsung membuat si kecil melek huruf.

Selain itu, imajinasi anak-anak semakin meningkat ketika diceritakan dongeng.

Tidak hanya mendengarkan, anak juga bisa dilibatkan untuk membahas bagaimana dunia fantasi dan dunia nyata itu dapat berbeda atau memiliki persamaan.

Interaksi antara mama dan si kecil dapat membantu mereka mengekspresikan ide-ide dengan lebih mudah.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa kegiatan mendongeng yang teratur dapat membantu memperbanyak kosakata anak, Mam.

4. Membangun literasi budaya anak

Membacakan dongeng untuk anak-anak tidak hanya dapat membangun budaya literasi, tetapi juga memberikan penekanan pada berbagai nilai dan perilaku lintas budaya, Mam.

Sejatinya, pada setiap cerita dongeng terdapat nilai-nilai yang berbeda satu sama lain. Nilai-nilai ini tumbuh dalam lingkungan lintas budaya. Secara tak langsung, anak-anak yang dibacakan dongeng lintas budaya dapat memberikan mereka banyak perspektif budaya.

5. Mengajarkan anak tentang basic of story

Dongen adalah alat yang luar biasa untuk mengajarkan anak-anak mengenai perkembangan cerita, resolusi konflik, pengembangan karakter, mengenal pahlawan atau penjahat, dan memperluas imajinasi mereka, Mam.

Di samping itu, cerita dalam dongeng dapat membantu anak-anak membedakan cerita fiksi dan cerita nonfiksi.

Namun pada kenyataannya, dongeng sering dilupakan, padahal dongeng akan selalu abadi dalam benak anak-anak, Mam.

Baca juga: 11 Lagu untuk Balita yang Dapat Mencerdaskan, Meningkatkan Kreativitas, dan Mengajari Berbagai Hal

Sebagai orang tua, kita harus memperkenalkan dongeng kepada anak-anak dan membuat mereka menikmati cerita dogneng.

Yuk, pertahankan budaya tradisi bercerita kepada anak-anak kita, Mam, karena mendogeng itu berperang penting dalam mengembangkan kreativitas dan daya pikir anak.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya informasi mengenai pentingnya dongeng untuk anak. Jika bermanfaat, jangan lupa share di media sosial ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment