-->
7 Manfaat Luar Biasa Mendengarkan Musik untuk Anak

7 Manfaat Luar Biasa Mendengarkan Musik untuk Anak

Musik tidak hanya menghibur si kecil, Mam, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat luar biasa.

Pada dasarnya, bernyanyi dan musik dalam budaya kita memainkan peranan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Musik dapat kita temui dalam berbagai aspek kehidupan, seperti di televisi, film, ibadah, upacara, atau pentas teater.

Bahkan di rumah musik menjadi bagian dari kehidupan budaya keluarga atau bagian yang alamiah dalam keseharian.

Buktinya, secara naluriah ketika mendiamkan bayi yang sedang menangis, mama tentu menggunakan musik atau bernyanyi untuk menenangkan si kecil.

Manfaat musik bagi anak
Sumber gambar: Pixabay/nightowl

Dengan demikian, musik adalah sesuatu yang luar biasa, yang bisa dijadikan cara untuk mengekspresikan rasa cinta dan kegembiraan, serta interaksi yang hangat antara ibu dan anak, Mam.

Itu sebabnya, sebagai orang tua, mama dapat mempelajari bagaimana musik dapat mempengaruhi perkembangan anak, meningkatkan keterampilan sosial, dan memberikan manfaat bagi anak-anak di rentang usia berapa pun.

Berikut ini, Temanmama.com jelaskan manfaat yang bisa anak dapatkan dari musik, Mam. Musik ini dapat memberikan manfaat positif bagi anak-anak terutama ketika mereka tumbuh dewasa.

1. Musik membantu meningkatkan kekuatan otak anak

Menurut situs budsies.com, secara ilmiah musik mempunyai kelebihan dan manfaat kesehatan untuk anak-anak, Mam.

Salah satu manfaat musik ini adalah membantu meningkatkan kekuatan otak dan fungsi memori mereka, Mam.

Baca juga: 11 Lagu untuk Balita yang Dapat Mencerdaskan, Meningkatkan Kreativitas, dan Mengajari Berbagai Hal

Berdasarkan penelitian ilmiah tersebut, otak seorang musikus bekerja secara berbeda dari otak seseorang yang bukan musikus.

Karena itu, anak yang mengenal dan menikmati musik akan tumbuh lebih baik dalam bidang akademik daripada anak yang tidak terpapar musik.

Musik dapat membantu dan merangsang bagian otak yang bertanggung jawab untuk membaca, berhitung, dan perkembangan emosional anak, Mam.

2. Musik membantu membangun kepercayaan diri anak

Apabila si kecil mengalami kesulitan dalam membangun kepercayaan diri, maka belajar memainkan alat musik dapat membantu anak mengatasi masalah tersebut.

Saat anak mengetahui bahwa dirinya mampu memainkan dan mengembangkan keterampilan bermusik, hal itu dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka, Mam.

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan diri anak akan terus terpupuk menjadi lebih baik.

3. Musik membantu mengembangkan keterampilan sosial anak

Ketika beranjak dewasa, anak akan menghadapi tantangan beradaptasi secara sosial, Mam.

Cara terbaik untuk membantu mereka mengatasi problem tersebut adalah dengan mengajak mereka belajar cara memainkan alat musik atau menjadi bagian dari kelompok bernyanyi, Mam.

Pasalnya, hal tersebut dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial, seperti cara membangun hubungan sosial dengan orang lain, bekerja dalam tim, kepemimpinan, belajar disiplin, dan dapat mengapresiasi orang lain.

4. Musik membantu menginspirasi kreativitas anak

Mama tentu setuju bahwa seorang musikus adalah termasuk golongan orang yang paling kreatif.

Nah, di rumah pun mama dapat mempraktikkan menulis lirik lagu atau cara memainkan alat musik pada anak. Cara demikian tentu akan memanfaatkan semangat kreatif pada diri anak, Mam.

Hal tersebut juga dapat menjadikan mereka lebih kreatif dari teman-temannya dan di kemudian hari dapat menjadikan mereka pribadi yang lebih unggul dari yang lainnya.

5. Musik mengajarkan kesabaran pada anak

Jika mama pernah memperhatikan kelompok band paduan suara pentas, maka satu hal yang penting dicermati adalah seberapa sabar setiap anggotanya.

Setiap anggota tentu harus sabar menunggu gantian bermain musik dalam kelompok band. Dengan begitu, harmoni dalam lagu akan terjalin dengan kerja sama yang baik antar anggota.

Baca juga: Agar Anak Jadi Jenius, Saat Hamil Mama Wajib Konsumsi Makanan Sehat Ini

Sebenarnya, ketika anak mama terlibat dalam kelompok musik dapat membuat ia mempelajari arti kesabaran dan makna dari kerja sama.

Dengan bermain musik, anak juga belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain untuk menciptakan sesuatu yang indah.

6. Musik adalah bentuk ekspresi yang kuat

Cara apa yang lebih baik bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri selain melalui "musik", Mam?

Bahwa keterampilan bermusik seperti menulis lirik lagu, bernyanyi, dan mempertunjukkan skill di atas panggung akan membantu mereka mengembangkan keterampmilan sosial dan mengekspresikan diri.

7. Musik mengajarkan kedisiplinan

Sejatinya, mempelajari cara memainkan alat musik atau menjadi penyanyi tentu membutuhkan kedisiplinan dan kesabaran, Mam.

Anak mama akan membutuhkan banyak latihan untuk dapat bermain alat musik dengan baik. Kebiasaan latihan dan selalu sabar pada setiap tahapan bermusik akan mengajari mereka soal pentingnya bersikap disiplin.

Si anak akan berpikir bahwa untuk menjadi yang terbaik, mereka perlu meluangkan waktu lebih untuk latihan.

Itu sebabnya, hal tersebut dapat membantu mereka menjadi lebih disiplin dalam mengejar tujuan mereka.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya informasi mengenai manfaat luar biasa musik bagi anak. Jika bermanfaat, jangan lupa share di media sosial ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment