Berapa Kali Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Ini Jawabannya

Berapa Kali Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Ini Jawabannya

Ibu hamil makan mie instan boleh enggak sih? Apakah ada dampaknya ibu hamil makan mie instan? Berapa kali sebaiknya mengonsumsi mie instan?

Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin timbul dalam hati mama yang mengalami dilema ketika hendak mengonsumsi mie instan. Pada satu sisi, mie instan termasuk makanan favorit, dan di sisi lain takut berdampak negatif pada si buah hati.

Terus gimana dong…..

Pada dasarnya, ibu hamil membutuhkan tambahan 350 Kkal per hari selama trimester kedua dan 450 Kkal per hari selama trimester ketiga kehamilan, Mam.

Akan tetapi, ibu hamil memang harus benar-benar memperhatikan makanan apa yang perlu dikonsumsi dan makanan apa yang seharusnya dihindari.

Ibu Hamil Makan Mie Instan
Sumber gambar: Pixabay/RitaE

Soalnya setiap potongan kecil makanan yang mama konsumsi selama kehamilan akan dikonsumsi juga oleh janin. Jadi memang harus hati-hati sekali dalam memilih makanan……

Mie instan adalah jenis makanan cepat saji yang sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan air panas saja, Mam.

Rasanya tak usah dibicarakan: nikmat di lidah dan bikin ketagihan, bukan?

Jika perut kosong dan ingin makanan cepat saji, maka mie instan dapat segera menenangkan perut. Dan lagi harganya sangat terjangkau. Sudah enak, perut pun kenyang.

Tapi apakah hanya sekedar enak dan perut kenyang?

Berikut ini Temanmama.com rangkum dan jelaskan mengenai kandungan mie instan dan apa dampaknya jika dikonsumsi ibu hamil.

Kandungan mie instan

Ada beberapa bahan yang terdapat dalam mie instan yang dapat menimbulkan risiko bagi perkembangan bayi di dalam kandungan mama. Seperti dikutip dari beingtheparent.com, beberapa bahan tersebut di antaranya:

1. Maida

Maida adalah tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali karena lenyap selama proses “refining”. Maida juga sulit dicerna dalam sistem pencernaan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, maida juga rendah serat dan dapat menyebabkan sembelit pada ibu hamil, Mam.

2. Garam

Garam banyak terkandung dalam mie instan dan dapat mempengaruhi kehamilan jika mama sering mengonsumsinya. Terlalu banyak natrium selama proses kehamilan dapat membuat ibu hamil rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

3. Pengawet

Mie instan mempunyai pewarna buatan dan zat tambahan rasa. Tujuannya agar memperpanjang umur simpan mie. Dampaknya bagi ibu hamil adalah menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan.

4. MSG

Monosodium Glutamate atau lebih dikenal MSG adalah bahan umum dalam makanan, terutama makanan yang rasanya gurih, Mam.

Karena dapat meningkatkan rasa lezat pada mie, maka campuran MSG digunakan dalam jumlah besar. Ibu hamil hanya dapat memproses sejumlah kecil MSB dan sisanya pada tubuh ibu hamil dapat menimbulkan risiko bagi perkembangan janin.

5. Trans fats (lemak trans)

Semua makanan olahan tentunya mengandung lemak trans yang tinggi. Mie instan tidak terkecuali. Pasalnya lemak trans dapat menyebabkan kadar kolesterol ibu hamil meningkat.

Alasan mie instan berbahaya bagi ibu hamil

Menurut momjunction.com, mie dikelompokkan sebagai junk food karena mengandung karbohidrat dan lemak tingkat tinggi, Mam.

Mie memiliki kandungan vitamin, protein, serat, dan mineral yang rendah.

Salah satu masalah terbesar mie adalah kandungan natrium di dalamnya, Mam.

Pasalnya, jika kehamilan melibatkan risiko tekanan darah tinggi, asupan natrium yang berlebihan juga dapat memberikan dampak negatif pada kandungan.

Tips membuat mie instan lebih sehat

Satu-satunya cara membuat mie instan sedikit lebih sehat adalah dengan menambahkan sayuran segar atau telur rebus, Mam.

Jika mama ingin mengonsumsi mie instan saat hamil, maka pastikan menambahkan banyak sayuran segar ke dalamnya, seperti tomat, kentang, wortel, kacang polong, bayam, dan sebagainya.

Sayur mayur tersebut dapat membantu memperkaya rasa mie dan meningkatkan kandungan gizinya, Mam.

Berapa kali ibu hamil boleh makan mie instan?

Sebenarnya tidak ada ukuran berapa kali seharusnya mengonsumsi mie instan per hari, minggu, atau selama masa kehamilan.

Jika mama tetap ingin mengonsumsi mie instan sebaiknya jangan terlalu berlebihan atau lebih baik diganti dengan, misalnya, mie telur atau mie yang lebih sehat lainnya.

Jadi untuk penggemar mie instan, mama tetap dapat mengonsumsinya kok. Itu pun bukan berarti mengonsumsi seperti kondisi tidak sedang mengandung janin ya, Mam. Pasalnya, segala sesuatu yang masuk dari mulut mama pada akhirnya juga akan dikonsumsi si kecil di dalam perut, Mam.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya informasi mengenai mie instan bagi ibu hamil. Jika bermanfaat, jangan lupa share di media sosial ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment