5 Makanan Rendah Kalori yang Menyehatkan, Mengenyangkan, dan Cocok untuk Diet

5 Makanan Rendah Kalori yang Menyehatkan, Mengenyangkan, dan Cocok untuk Diet

Makanan rendah kalori adalah makanan yang cocok bagi mama yang menginginkan berat badan ideal.

Apalagi mama sedang menjalani diet sehat, maka makanan dengan kandungan kalori rendah bisa menjadi pilihan konsumsi harian.

Pasalnya, ada banyak juga makanan rendah kalori yang menyebabkan mama selalu merasa lapar sehingga membuat mama tergoda mengonsumsi secara berlebihan.

Ada baiknya selagi menjalani diet, mama konsumsi makanan yang sehat sekaligus mengandung kalori yang rendah.

Berikut ini Temanmama.com jelaskan beberapa makanan rendah kalori yang bernutrisi sekaligus menyehatkan, Mam.

Makanan Rendah Kalori
Sumber gambar: Pixabay/DanaTentis

1. Yoghurt yunani

Yoghurt yunani adalah sumber protein yang baik dan dapat membantu program diet mama.

Meskipun merek dan rasanya sangat bervariasi, penyajian yoghurt ini ialah sebanyak 2/3 cangkir (150 gram) yang biasanya menghasilkan sekitar 130 kalori dan 11 gram protein.

Salah satu studi yang meneliti pada 20 wanita menjelaskan camilan yoghurt mengandung protein tinggi serta mempengaruhi nafsu makan dibanding camilan berlemak tinggi yang kurang menyehatkan seperti cokelat.

Sementara itu, dalam penelitian lain terhadap 15 wanita, dilaporkan bahwa yoghurt yunani memiliki protein tinggi dan dapat membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang ketimbang makanan ringan berprotein rendah, Mam.

Dengan rutin mengonsumsi yoghurt yunani, maka rasa kenyang mama dapat lebih berlangsung lama.

2. Gandum

Gandum bisa menjadi makanan tambahan yang menyehatkan untuk diet serta menurunkan berat badan, Mam.

Gandum tidak hanya rendah kalori, tetapi juga tinggi protein dan serat sehingga membuat mama kenyang lebih tahan lama.

Takaran satu porsi 1/2 cangkir (40 gram) gandum kering hanya mengandung 148 kalori dan mengandung 5,5 gram protein serta 3,8 gram serat. Kedua nutrisi itu memiliki manfaat signifikan pada rasa lapar dan nafsu makan, Mam.

Baca juga: Gaya Hidup Orang Jepang yang Bikin Umur Panjang

Dalam satu studi pada 48 orang dewasa ditunjukkan bahwa gandum dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Studi lain melaporkan bahwa gandum instan ternyata bisa menambah nafsun makan secara signifikan selama empat jam dibanding sereal sarapan siap saji.

3. Sup

Meskipun sup sering kali dianggap sebagai lauk yang ringan dan sederhana, ternyata sup juga bisa menjadi makanan yang “super” loh, Mam.

Dikatakan demikian karena, menurut beberapa penelitian, dijelaskan bahwa sup bisa lebih mengenyangkan daripada makanan padat.

Sebagai contoh, satu penelitian terhadap 12 orang menunjukkan bahwa sup dapat memperlambat pengosongan lambung dan lebih efektif dalam memperpanjang rasa kenyang daripada makanan padat dan sup yang kental.

Dalam penelitian lain pada 60 orang disebutkan bahwa mengonsumsi sup sebelum makan dapat menurunkan total asupan kalori saat makan siang sebesar 20 persen.

Mama bisa memilih sup yang mengandung kalori atau kaldu yang lebih ringan untuk meminimalkan jumlah kalori dan memaksimalkan rasa kenyang.

4. Telur

Telur adalah makanan yang sangat kaya akan nutrisi dan berkalori rendah, Mam.

Satu butir telur mempunyai sekitar 72 kalori, 6 gram protein, dan berbagai macam vitamin serta mineral penting.

Studi lain menunjukkan bahwa kita sebaiknya memulai hari dengan mengunsumsi telur karena dapat mengurangi rasa lapar serta meningkatkan rasa kenyang.

Baca juga: Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh Orang Dewasa

Sebuah penelitian terhadap 30 wanita yang mengonsumsi telur sebagai sarapan pagi menyimpulkan bahwa mereka mengalami perasaan kenyang yang lebih panjang dan mengonsumsi 105 kalori lebih sedikit.

Studi lain menyimpulkan bahwa sarapan tinggi protein dapat mengurangi kebiasaan ngemil, memperlambat pengosongan perut, mengurangi kadar ghrelin—yakni hormon yang bertanggung jawab atas rasa lapar.

5. Ikan

Ikan adalah binatang yang kaya akan protein dan lemak tak jenuh, Mam.

Terlebih lagi protein ikan sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan.

Sebuah studi yang mengevaluasi efek dari daging sapi, ayam, dan protein pada ikan menunjukkan bahwa protein ikan memiliki dampak paling besar pada rasa kenyang, Mam.

Untuk mengurangi konsumsi kalori, mama bisa memilih ikan tanpa lemak seperti ikan kod, halibut, flounder, salmon, sarden atau mackerel.

Itulah lima jenis makanan yang rendah kalori dan bernutrisi sekaligus menyehatkan dan mengenyangkan, Mam.

Semoga artikel ini membantu ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment