11 Lagu untuk Balita yang Dapat Mencerdaskan, Meningkatkan Kreativitas, dan Mengajari Berbagai Hal

11 Lagu untuk Balita yang Dapat Mencerdaskan, Meningkatkan Kreativitas, dan Mengajari Berbagai Hal

Musik dan lagu hampir setiap saat ada di sekitar kita, tetapi tahukah mama bahwa musim merupakan bagian integral dari proses pembelajaran awal bagi balita?

Memang irama lagu anak-anak, musik populer, atau kreasi lagu ciptaan mama dapat dijadikan permulaan balita belajar, mengembangkan daya pikir, dan meningkatkan kreativitasnya.

Pada dasarnya musik dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi balita, Mam.

Misalnya, ada ritme lagu yang membuat balita bertepuk tangan atau menginjak-injakkan kakinya ke lantai.

Atau hingga balita tersebut benar-benar dapat bernyanyi mengikuti lirik sebuah lagu, hal ini adalah bagian dalam perjalanan yang berkesinambungan dalam kehidupan balita, Mam.

Lalu, lagu-lagu apa saja yang dapat mencerdaskan dan meningkatkan kreativitas si kecil, Mam? Yuk simak rangkuman lagu-lagu untuk balita dari Temanmama.com berikut ini!

Lagu untuk Balita
Sumber gambar: Pixabay/tookapic

1. Kalau Kau Suka Hati

Lagu "Kalau Kau Suka Hati" adalah lagu yang cerita dan dapat melatih kelincahan balita memadukan ritme lagu dan gerak motorik fisik tangan, kaki, dan mulut.

Lagu ini memang paling tepat jika dinyanyikan sembari diikuti dengan gerakan. Mama dapat melatih lagu ini kepada si kecil agar ia hapal lirik beserta gerakannya.

2. Cicak di Dinding

Lagu "Cicak di Dinding" mengajak anak untuk mengenal salah satu binatang melata di dinding, yakni cicak.

Selain mengenal cicak, balita juga tahu bahwa makanan cicak adalah nyamuk, Mam.

Lirik lagu ini juga terbilang pendek dan hanya diulang-ulang. Bagi balita yang belum lancar berbicara, ajaklah ia mengucapkan kata demi kata lirik lagu ini, Mam.

3. Burung Kakak Tua

Lagu "Burung Kakak Tua" adalah lagu yang sangat sederhana dan mudah dihapal balita, Mam. Lagu ini memiliki irama vokal akhir "a" sehingga liriknya terdengar puitis.

Lagu ini dapat mama ajari kepada si kecil saat waktu senggang.

4. Balonku Ada Lima

Lagu "Balonku Ada Lima" adalah dapat mengajarkan anak mengenai warna-warna pada balita, seperti hijau, kuning, kelabu, serta merah muda dan biru.

Selain mengetahui warna, balita juga diajak belajar berhitung, dari lima balon kemudian pecah satu menjadi empat. Setelah balita tahu balon tinggal empat, lirik terakhir "Kupengang erat-erat" dapat mengajari balita agar lebih waspada dan menjaga barang miliknya.

Dari lirik lagu yang pendek tersebut, balita belajar beberapa hal sederhana tetapi cukup penting bagi perkembangan logikanya.

5. Bintang Kecil

Lagu "Bintang Kecil" adalah lagu yang manis dan mengajari balita bahwa titik-titik berkilau di langit malam adalah taburan bintang-bintang, Mam.

Lagu ini juga membuat si balita berimajinasi tentang angkasa dan bahwa di sana "Jauh tinggi ke tempat kau berada" bisa berarti tempat tuhan yang maha esa. Jadi lagu ini juga religius karena mengingatkan balita akan kebesaran tuhan dan keindahan ciptaannya.

6. Lihat Kebunku

Lagu "Lihat Kebunku" ini bertema tentang tumbuh-tumbuhan dan balita diajak untuk mengenali kebun yang berisi bunga, seperti mawar dan melati.

Balita dapat diedukasi untuk merawat tumbuh-tumbuhan di dalam kebun, Mam. Juga ia dapat belajar warna dan nama jenis bunga dan mencintai keindahan alam.

7. Pelangi-Pelangi

Setiap anak kecil umumnya mengetahui lagu "Pelangi-Pelangi”, Mam. Dalam lagu ini, balita diajari untuk mengagungkan keindahan ciptaan Tuhan.

Anak mama juga dapat belajar mengenal warna dari pelangi. Belajar sembari bermain adalah hal yang paling disukai anak-anak, Mam.

8. Kring-Kring

Lagu "Kring-Kring" adalah lagu yang unik, Mam, karena dimulai dari bunyi suara sepeda "kring-kring" dan bunyis sepatu "tok-tok". Lagu ini juga mengajarkan anak agar rajin belajar dan membantu ibu di rumah.

Lagu ini mengedukasi balita agar semangat belajar dan membantu pekerjaan ibu di rumah. Artinya, setiap pekerjaan yang ia lakukan akan berbuah hasil yang manis.

9. Dua Mata Saya

Lagu "Dua Mata Saya" ciptaan Pak Kasur ini mengajari anak balita tentang jumlah organ-organ penting yang ada di dalam tubuh manusia.

Sambil bernyanyi, ajarkan juga si balita mengenal bagian-bagian tubuh manusia dengan cara menunjuk mata, hidung, kaki, telinga, dan mulut.

10. Ambilkan Bulan Bu

Lagu "Ambilkan Bulan Bu" adalah lagu pengantar tidur untuk si kecil. Lagu bernada syahdu ini cocok mama dendangkan kepada si kecil sebelum tidur.

Ajak juga ia menghapal lagu ini dan membayangkan tentang bulan yang bersinar di langit. Si kecil akan terngiang-ngiang terus dengan lagu ini, Mam.

11. Bangun Tidur

Lagu "Bangun Tidur" ciptaan Pak Kasur ini juga sangat mengedukasi balita tentang pentingnya merawat diri dan kebersihan kamar.

Lirik lagu ini juga terbilang puitis karena berakhiran vokal "i" dan "u". Mama dapat mengajari balita menghapal lagu ini sembari menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah sebelas lagu-lagu anak Indonesia yang dapat mencerdaskan, meningkatkan kreativitas, dan mengajari anak mengenai berbagai hal penting dalam rutinitas sehari-hari, Mam.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya informasi mengenai lagu-lagu untuk balita. Jika bermanfaat, jangan lupa share di media sosial ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment