Inilah 5 Manfaat Penting Air Rendaman Lemon untuk Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Penting Air Rendaman Lemon untuk Kesehatan

Air rendaman lemon beberapa waktu belakangan ini menjadi sangat populer, Mam. Terlebih dengan viralnya penggunaan infuse water karena sebagian besar orang ingin hidup sehat.

Bahkan air rendaman lemon ini tak hanya dibuat di rumah saja, melainkan di restoran dan hotel juga menyajikan secara rutin, Mam.

Tak jarang pula terlihat beberapa pengunjung hotel tertarik memilih air lemon ketimbang teh atau kopi.

Selain rasanya yang cukup segar, apakah menambahkan potongan lemon ke air mineral benar-benar membuat tubuh lebih sehat? Ataukah lebih bermanfaat mengonsumsi perasan air lemon ketimbang air rendaman lemon?

Berikut ini rangkuman Temanmama.com mengenai hal tersebut, Mam.

Manfaat Penting Air Rendaman Lemon
Sumber gambar: Pixabay/varintorn

1. Sumber vitamin C yang baik

Kandungan vitamin C tak hanya pada buah jeruk, tetapi juga pada lemon, Mam. Seperti diketahui, vitamin C dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Khasiat vitamin C lainnya ialah dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke serta menurunkan tekanan darah.

Meskipun lemon tidak berada pada urutan paling atas dalam daftar buah yang kaya akan vitamin C, lemon tetap merupakan sumber yang baik.

Baca juga: Manfaat Penting Daun Katuk untuk Kesehatan, Kecantikan, hingga ASI

Menurut United States Department of Agriculture, satu jus lemon mengandung 18,6 miligram vitamin C.

Jumlah harian vitamin C yang disarankan bagi orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram.

2. Menaikkan level hidrasi

Menurut the Food and Nutrition Board, dikatakan bahwa konsumsi air harian wanita harus 2,5 kilogram per hari dan pria 3,5 kilogram yang terkandung dalam air di makanan dan minuman.

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi. Namun beberapa orang tidak dapat memenuhi kebutuhan air secara cukup karena berbagai faktor.

Karena itu, dengan menambahkan potongan lemon ke dalam air dapat membantu kita minum air lebih banyak karena rasanya yang segar.

3. Membantu menurunkan berat badan

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang terdapat dalam lemon dapat mengurangi kenaikan berat badan pada tikus percobaan yang mengalami obesitas.

Dalam studi pada tikus tersebut, senyawa antioksidan dapat mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, yakni dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Sementara itu, hasil yang sama perlu dibuktikan pada manusia yang menyebutkan bahwa air rendaman lemon dapat mendukung penurunan berat badan.

Apakah karena orang hanya minum lebih banyak air dan merasa kenyang ataukah air lemon yang dapat menurunkan berat badan? Ini masih belum begitu jelas dan dibutuhkan penelitian secara komprehensif.

4. Meningkatkan kualitas kulit

Vitamin C yang terdapat dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering karena penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari, Mam.

Bagaimana air rendaman lemon dapat meningkatkan kualitas kulit? Hal ini belum terjawab dan masih butuh penelitian lebih lanjut, Mam.

5. Membantu menyegarkan napas

Pernahkan mama mengoleskan lemon di tangan untuk menghilangkan aroma bawang putih atau aroma kuat lainnya? Begitupun bau mulut yang disebabkan oleh makanan yang menyengat kuat seperti bawang atau ikan?

Lemon adalah obat tradisional yang dapat membantu mengatasi hal tersebut, Mam.

Baca juga: Tips Merawat Kulit agar Tampak Selalu Sehat

Saat pagi hari, ada banyak orang yang menghindari bau mulut dengan minum segelas air lemon setelah makan. Lemon dianggap merangsang air liur dan air membantu mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut akibat bakteri.

Tapi satu hal yang pasti, jika kulit mama kelilangan kelembaban, maka akan menjadi kering dan cenderung keriput.

Semoga artikel ini dapat membantu, Mam.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment