-->
Makanan yang Cocok Dikonsumsi bagi Penderita Flu agar Cepat Sembuh

Makanan yang Cocok Dikonsumsi bagi Penderita Flu agar Cepat Sembuh

Flu merupakan penyakit yang sering datang terutama ketika musim hujan tiba, Mam. Udara yang dingin dan kondisi tubuh yang kurang prima bisa menyebabkan penyakit flu mudah menyerang.

Flu termasuk penyakit yang mengganggu rutinitas seseorang karena bisa membuat tubuh menjadi meriang, hidung berlendir, atau kepala pusing, Mam.

Menjaga kondisi tubuh, beristirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan yang seimbang adalah hal yang penting agar tidak mudah terserang flu.

Makanan untuk penderita flu
Sumber gambar: Pixabay/silviarita

Ketika mengalami flu tentunya nafsu makan mama akan berkurang dari biasanya…

Namun mama tidak bisa menuruti rasa malas untuk tidak makan. Soalnya, mama harus tetap makan sebagaimana biasanya agar tubuh cukup mendapatkan energi dan nutrisi.

Tapi ketika sedang dideras penyakit flu, ada makanan tertentu yang tepat bila mama konsumsi agar penyakit ini segera reda dan tubuh kembali pulih dengan cepat, Mam.

Lalu, apa sajakah makanan yang pas untuk mama yang sedang mengalami flu? Simak uraiannya dari Temanmama.com berikut ini.

1. Sup ayam

Sup ayam adalah salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat musim hujan atau cuaca dingin. Makanan ini juga pas dikonsumsi penderita flu, Mam.

Kandungan kaldu dan bahan-bahan rempah tambahan membuat sup ayam digemari hampir setiap orang karena rasanya yang gurih, enak, dan bercita rasa tinggi…

Tak hanya enak, sup ayam juga bergizi, Mam. Misalnya, potongan daging ayam dapat menyuplai tubuh dengan tambahan zat besi dan protein.

Baca juga: Gaya Hidup Orang Jepang yang Bikin Umur Panjang

Selain dagingnya yang bergizi, nutrisi lain bisa didapatkan dari wortel, rempah-rempah, dan seledri.

Mama dapat makan sup ayam selama mengalami flu untuk membantu tubuh tetap kenyang dan terhidrasi, Mam.

2. Bawang putih

Mungkin mama berpikir bawang putih hanya dipakai sebagai zat penyedap masakan…

Sebetulnya, bawah putih juga digunakan dalam pengobatan alternative untuk berbagai penyakit selama berabad-abad yang lalu.

Dalam sebuah studi, bawang putih dapat menjadi suplemen bagi orang dewasa yang sedang flu untuk meningkatkan kekebalan dan mengurangi tingkat keparahannya, Mam.

Mengonsumsi bawang mentah ternyata juga sangat bermanfaat karena mama bisa mempertimbangkan untuk memakan bawang putih ketika terlihat gejala-gejala pertama flu yang menyerang.

3. Buah bervitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika sakit.

Walau suplemen lain dapat membantu, tubuh tetap dapat menyerap nutrisi seperti vitamin C lebih efektif dari makanan yang mama konsumsi.

Sumber vitamin C bisa mama dapatkan dari buah-buahan seperti stroberi, jeruk, dan tomat.

4. Yoghurt

Dalam sebuah penelitian dari jurnal internasional Immunopharmacology disebutkan bahwa yoghurt dapa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, Mam.

Keutamaan lainnya adalah yoghurt mengandung protein...

Selain itu, yoghurt juga dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan, tapi sebelumnya harus memilih yoghurt tanpa gula tambahan.

5. Sayuran hijau

Mama bisa makan bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika terserang flu.

Makanan-makanan tersebut mempunyai vitamin C dan vitamin E, serta nutrisi penambah kekebalan lainnya.

Beruntunglah untuk mama yang menyukai sayuran hijau!

Baca juga: Tips Merawat Kulit agar Tampak Selalu Sehat

Cara mengolahnya juga bisa mama pertimbangkan, misalnya menggabungkan sayuran berdaun hijau dengan buah-buahan atau memakannya mentah dengan campuran lemon dan minyak zaitun.

Nah, itulah 5 jenis makanan yang bisa mama konsumsi ketika lagi flu. Semoga membantu dan memperkaya informasi ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment