Gaya Hidup Sehat Orang Jepang yang Bikin Umur Panjang!

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang yang Bikin Umur Panjang!

Gaya hidup sehat orang Jepang memang menarik untuk dibahas lebih jauh, Mam. Setiap orang tentu ingin berumur panjang dengan tubuh yang sehat.

Namun, untuk mencapai kesehatan yang diharapkan setiap orang perlu kesadaran dan mengetahui lebih dalam soal makna hidup sehat, Mam.

Makanya, mama dapat belajar dari gaya hidup orang Jepang yang melestarikan kehidupan yang seimbang.

Pada umumnya, pria dan wanita Jepang tidak hanya rutin mencapai peringkat teratas dalam daftar yang merinci rentang hidup manusia terlama dan paling sehat.

Gaya hidup sehat orang Jepang
Sumber gambar: Pixabay/StockSnap

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan World Health Organization (WHO), wanita Jepang menempati urutan pertama harapan hidup 87 tahun. Mama bisa bayangkan, bukan!

Setelah diteliti, usia harapan hidup yang panjang itu bukan karena gen!

Dalam sebuah penelitian AETNA, yakni organisasi perawatan kesehatan terbesar di Amerika Serikat, dijelaskan bahwa sekalipun seseorang tidak pernah menjadi orang Jepang, ia tetap dapat hidup berusia panjang dan sehat loh.

Kesimpulan tersebut didasarkan atas pemeriksaan langsung dari semua rahasia tentang gaya hidup orang Jepang, dari rumput laut hingga ke zen.

Hmm, mama tentu penasaran, hal apa saja yang membuat orang Jepang bertahan hidup panjang dengan meraih kesehatan yang optimal?

Nah, mama bisa mendapatkan jawabannya dalam artikel Temanmama.com berikut ini.

Karaoke adalah hobi nasional rakyat Jepang

Apabila baru sekali berlibur atau berkunjung ke Jepang, mama mungkin akan merasa heran dan takjub karena di mana-mana terdapat tempat karaoke!

Ternyata bernyanyi merupakan hobi nasional rakyat Jepang...

Pada tahun 2010, industri karaoke di Jepang meraup keuntungan lebih dari 10 miliar dolar. Dan yang mengejutkan lagi, industri karaoke terbesar di Jepang, Big Echo, beroperasi di 229 gerai di seluruh Jepang.

Baca juga: Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh Orang Dewasa

Karena itu, industri karaoke di Jepang menjadi kabar baik bagi penyanyi di negeri tersebut.

Dalam sebuah studi tahun 2009 pada 20 ribu pria, peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Ehime dan Universitas Osaka menemukan bahwa meminum minuman berakohol dengan teman-teman dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Dalam penelitian di dua universitas itu tertulis: "Penyanyi menggunakan pernapasan dalam dan baik untuk sistem syaraf. Setelah bernyanyi, ia akan mendapatkan tepuk tangan. Hal itu merupakan jenis dukungan sosial yang baik dan membantu dalam menghadapi situasi yang buruk atau peristiwa yang menyebabkan stres."

Konsumsi rumput laut

Organisasi dunia Food and Agriculture Organization (FAO) melaporkan bahwa rakyat Jepang mengonsumsi sekitar 100 ribu ton rumput laut per tahun.

Masyarakat Jepang juga tidak terlalu memilih-milih jenis rumput laut lantaran mereka mengonsumsi lebih dari 20 jenis dalam masakan harian, Mam.

Faktanya, penduduk di pulau Okinawa yang terletak paling selatan di Jepang dikenal sebagai pengembang biak rumput laut dan mengonsumsi lebih banyak rumput laut dari tempat mana pun di dunia!

Apakah mama pernah mengonsumsi rumput laut? Dan baikkah rumput laut untuk tubuh?

Mama perlu tahu bahwa rumput laut mengandung 2 sampai 9 gram protein per cangkir dan beberapa jenis mengandung kalium yang lebih banyak daripada pisang.

Selain itu, rumput laut juga mengandung yodium alami yang berguna untuk mengatur tiroid.

Peneliti Harvard menemukan teori bahwa rumput laut juga dapat mengatur estrogen dan estriadol yang bisa menurunkan tingkat kanker payudara secara signifikan, Mam.

Makan Ikan laut

Kebiasaan lain dari orang Jepang adalah mereka menyukai makan ikan.

Menurut National Marine Fisheries Service, konsumsi makanan laut orang Jepang adalah 55,7 kilogram per kapita, sedangkan negara seperti Amerika Serikat hanya 24,2 kilogram!

Angka tersebut menempatkan Jepang dalam enam besar Negara yang mengonsumsi makanan laut di antara negara-negara yang berpenduduk lebih banyak.

Saking pentingnya diet ikan, pedagang dan birokrat Jepang mempromosikan brand-brand produk makanan laut untuk memerangi penurunan konsumsi di kalangan anak muda!

Baca juga: Tips Pola Hidup Sehat ala Nabi, Begini Caranya!

Nah, mama juga harus tahu manfaat konsumsi ikan laut dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen. Lalu, orang tua yang memiliki asam lemak omega-3 yang lebih tinggi sebagian besar karena konsumsi ikan berlemak sehingga memiliki angka harapan hidup 2,2 tahun lebih lama.

Selain itu, ikan berlemak juga terbukti meningkatkan mood dan mencegah beberapa jenis kanker serta peradangan…

Bahkan para ilmuwan merekomendasikan makan dua porsi ikan berlemak, seperti tuna dan salmon setiap minggu.

Agar hasilnya maksimal untuk tubuh, mama bisa mengolah ikan dengan cara memanggang, merebus, ataupun mengukusnya.

Yups, apakah mama berminat mencoba salah satunya atau tiga hal tersebut?

Yuk, mulai sekarang ubah gaya hidup keluarga menjadi lebih sehat dan tinggalkan kebiasaan buruk, Mam!

Semoga artikel ini dapat membantu dan memperkaya informasi mama ya!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar