Inilah Cara Paling Ampuh Mencegah Penyakit Diabetes

Inilah Cara Paling Ampuh Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang menyerang jutaan orang di dunia, Mam. Kasus penderita diabetes ini sudah pada ambang tidak terkontrol sehingga berdampak buruk pada manusia, seperti mengalami kebutaan, penyakit jantung, gagal ginjal, dan efek serius lainnya.

Pengetahuan tentang penyakit diabetes memang perlu disosialisasikan agar penderita tidak terus bertambah, Mam. Misalnya, sebelu melakukan diagnosis diabetes, karena ada periode saat kadar gula darah tinggi, tetapi bisa dibilang tidak cukup tinggi untuk disebut sebagai diabetes. Kondisi ini dikenal dengan prediabetes, Mam.

Jika kondisi ini diambil rata-rata, maka bisa mencapai 70% orang-orang mengalami prediabetes yang terus berkembang menjadi diabetes tipe 2. Itu sebabnya, jika seseorang mengalami kondisi prediabetes maka akan sangat mudah menjadi diabetes atau bahkan tak bisa terhindar lagi.

Mencegah Penyakit Diabetes
Sumber gambar: Pixabay/Tumisu

Terkadang dan memang faktor-faktor tertentu, seperti faktor internal, tidak dapat diubah, seperti usia, gen, dan gaya hidup masa lalu seseorang yang berujung pada risiko diabetes.

Nah, apakah mama pernah berpikir untuk berinvestasi kesehatan dan menghindari datangnya penyakit diabetes untuk kehidupan ke depan? Mama bisa mengikuti tips ampuh mencegah penyakit diabetes dari Temanmama.com berikut ini.

Berolahraga rutin

Mam, aktivitas olahraga memang tidak ada ruginya bagi diri dan tubuh. Karena dengan melakukan aktivitas fisik sacara teratur, maka mama bisa menangkal kedatangan penyakit diabetes.

Dalam suatu studi penelitian, orang yang mengalami pradiabetes tetapi rajin berolahraga ternyata dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 51% dan jika seseorang berolahraga dengan intensitas tinggi bisa meningkat hingga 85%.

Ada banyak pilihan bagi mama untuk melakukan aktivitas fisik yang akan mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan, termasuk juga obesitas dan pradiabetes.

Baca juga: Diabetes Gestasional: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Studi lain menyebutkan bahwa orang yang berisiko diabetes tetapi bisa membakar lemak lebih dari 2.000 kalori setiap minggu akan terhindar dari diabetes, Mam.

Akan tetapi, mama tak usah khawatir karena ada banyak aktivitas fisik yang bisa dipilih, disukai, dan yang paling penting dapat bertahan lama.

Berhenti merokok

Merokok adalah sumber dari segala penyakit dan berkontribusi besar pada kerusakan tubuh seseorang. Akibat buruk lainnya mengakibatkan penyakit jantung, kanker paru-paru, payudara, prostat, dan saluran pencernaan, Mam.

Analisis dari berbagai penelitian menyebutkan rokok bisa meningkatkan risiko diabetes sebesar 40% dan 61% kepada orang yang merokok lebih dari 20 batang per hari.

Bahkan satu studi menyebutkan bahwa risiko diabetes terjadi pada perokok pria paruh baya. Setelah lima tahun benar-benar berhenti merokok, maka risiko terkena diabetes bisa berkurang 15% dan setelah 20 tahun dapat memiliki risiko yang sama dengan orang yang tidak pernah merokok.

Ukuran porsi makan

Apakah mama pernah mengikuti diet rendah karbohidrat? Maka menghindari porsi makan yang berlebihan juga bisa mengurangi risiko diabetes, apalagi yang sedari awalnya sudah kelebihan berat badan, Mam.

Perlu mama ketahui bahwa makan terlalu banyak pada satu waktu terbukti menyebabkan kadar gula darah dan insulin yang lebih tinggi pada orang yang berisiko diabetes. Sebaliknya, mengurangi ukuran porsi makan dapat membantu mama mencegah hal buruk tersebut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bisul di Wajah dengan Benar

Sebuah studi dua tahun pada pria pradiabetes menemukan bahwa orang yang mengurangi ukuran porsi makan dan melakukan praktik hidup sehat mempunyai risiko 46 % lebih rendah terjangkit diabetes ketimbang pria yang tidak mengubah gaya hidup yang lebih sehat, Mam.

Itulah beberapa tips untuk menghindari tubuh dari penyakit diabetes, Mam. Semoga membantu dan memperkaya informasi!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar