5 Manfaat Penting Daun Katuk untuk Kesehatan, Kecantikan, hingga ASI

5 Manfaat Penting Daun Katuk untuk Kesehatan, Kecantikan, hingga ASI

Pohon katuk yang memiliki nama Latin Sauropus androgynus ini adalah tumbuhan yang berasal dari keluarga Euphorbiaceae, Mam. Daun katuk mempunyai warna hijau gelap karena mengandung klorofil yang dapat bermanfaat untuk meremajakan sel dan sistem sirkulasi tubuh manusia.

Katuk ini memiliki nama yang berbeda-beda di beberapa wilayah Indonesia ataupun mancanegara, Mam. Di Madura disebut dengan kerakur, di Jawa disebut katu, di Minangkabau disebut simani, di Filipina disebut binahian, dan di Kamboja disebut ngub.

Manfaat daun katuk
Sumber gambar: Pixabay/nandhukumar

Di Indonesia, katuk menjadi obat alternatif karena kandungan vitamin dan nutrisinya, seperti senyawa protein, karbohidrat, glikosida, tanin, sterois, saponin, dan alkaloid, Mam. Kandungan senyawa yang dimiliki katuk dapat bermanfaat untuk obat antidiabetes, antioksidan, antiobesitas, menginduksi laktasi, dan antimikroba.

Sering kali memang daun katuk dimanfaatkan ibu-ibu yang sedang menyusui, Mam, karena dapat memperbanyak pasokan ASI. Namun, ternyata katuk juga dapat juga loh mengobati demam, bisul, dan borok, Mam.

Untuk kuliner, katuk juga dapat dijadikan pewarna alami makanan, Mam. Perlu mama ketahui bahwa pewarna daun katuk ini tidak akan mempengaruhi kualitas makanannya loh. Nah, dalam artikel ini, Temanmama.com akan menjelaskan kepada mama mengenai manfaat pentingnya bagi tubuh manusia. Yuk, disimak ulasan lengkapnya, Mam.

1. Manfaat daun katuk untuk wajah

Daun katuk dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat dan flek hitam pada wajah loh, Mam. Selain itu, daun katuk juga dapat mencegah penuaan dini, serta merawat kulit agar tetap berseri. Pernah mencobanya enggak, Mam?

Untuk perawat kulit wajah, daun katuk dapat digunakan sebagai masker. Cukup beberapa helai daun katuk yang sudah dicuci bersih, kemudian dilembutkan dan dioleskan pada wajah. Diamkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Mama hanya cukup menggunakannya 2-3 kali per minggu.

Baca juga: Tips Merawat Kulit agar Tampak Selalu Sehat

Memang, Mam, pada dasarnya setiap orang memiliki masalah kulit terutama di wajah, seperti flek hitam atau bekas jerawat. Dengan menggunakan daun katuk setidaknya mama mengurangi penggunaan obat-obat kimia dan menggantinya dengan bahan tradisional.

2. Manfaat daun katuk untuk kesehatan

Daun katuk kaya akan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, Mam. Kandungan provitamin A pada daun katuk bisa menjaga kesehatan mata dan kesehatan reproduksi. Sedangkan vitamin C yang terkandung dalam daun katuk dapat menjadi antioksidan alami bagi manusia.

Selain itu, daun katuk juga kaya akan lemak, Mam. Lemak ini mengandung asam lemak Omega 3 dan 6 yang juga penting bagi kesehatan manusia. Pasalnya, asam lemak tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dari segi harga, daun katuk termasuk jenis sayuran yang tidak mahal kan, Mam. Tetapi dari sayuran berwarna hijau ini mengandung segudang vitamin dan gizi yang dibutuhkan manusia.

3. Manfaat daun katuk untuk bayi

Jika daun katuk dapat memperlancar dan meningkatkan produksi ASI, maka akan memberikan dampak yang positif bagi si buah hati, Mam. Soalnya, peningkatan produksi ASI ini sekaligus memenuhi kebutuhan harian gizi bayi, apalagi di usia 0-6 bulan bayi membutuhkan ASI eksklusif.

Jadi, jika mama merasa volume ASI kurang banyak atau bayi merasa tak terpenuhi kebutuhan ASI-nya, maka lebih baik mama mencoba mengonsumsi daun katuk.

4. Manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, daun katuk dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI loh, Mam. Pasalnya, ibu menyusui yang mengonsumsi ekstrak daun katuk ternyata dapat meningkatkan 70% produksi ASI. Ini penting banget nih untuk mama yang produksi ASI-nya tidak memenuhi kebutuhan bayi.

Baca juga: Tips Menghilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Berdasarkan sebuah penelitian (Rahmanisa S dan Tara, 2016, Majority Vol 5 No 1: 117-121), ibu menyusui yang tidak mengonsumsi ekstrak daun katuk mengalami kenaikan produksi ASI hanya sebesar 6,7%. Nah, peningkatan produksi ASI ini disebabkan daun katuk tersebut mengandung alkaloid dan sterol, Mam.

5. Manfaat daun katuk untuk rambut

Rambut kering atau kusam merupakan mimpi buruk bagi wanita, bukan? Yup, daun katuk juga dapat mama manfaatkan untuk mengatasi masalah rambut kering dan kusam loh.

Kok bisa? Karena daun katuk mengandung protein, betakaroten, senyawa aktif yang mampu merangsang hormon steroid dan eikosanoid sehingga dapat memicu pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat dan lembut.

Nah, inilah beberapa manfaat dari daun katuk bagi kesehatan, kecantikan, hingga memperlancar ASI bagi ibu menyusui. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar