5 Tips Merawat Kulit agar Tampak Selalu Sehat

5 Tips Merawat Kulit agar Tampak Selalu Sehat

Perawatan kulit adalah usaha untuk menjaga agar kulit tetap sehat, tidak kusam, dan terhindar dari berbagai jenis kerusakannya. Barangkali mama termasuk orang yang peduli pada kesehatan kulit sehingga tidak mengalami masalah pada bagian terluar dari tubuh manusia tersebut.

Namun, tidak sedikit orang yang memiliki waktu untuk merawat kulit secara intentsif. Alhasil kurang rajinnya merawat kulit bisa mengakibatkan kerugian bagi mama lho. Tetapi mama tak perlu khawatir, toh masih dapat memanjakan diri dengan melakukan perawatan kulit di tingkat dasar.

Perawatan kulit yang baik dan memiliki gaya hidup yang sehat memang bisa membantu menunda penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit. Mama bisa memulai dengan mengikuti lima trik Temanmama.com di bawah ini.

merawat kulit
Sumber gambar: Pixabay/agnessatalalaev0

1. Makanan sehat dan diet

Merawat kulit juga bisa mama lakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanlah banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Apalagi jika mama sedang diet, hal itu tentunya dapat membantu mama memaksimalkan kesehatan kulit.

Memang, agak sukar melihat hubungan antara diet dan jerawat. Tetapi dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet dapat membuat kulit mama terlihat lebih muda. Selain itu, perbanyaklah minum air putih setelah diet agar mama tak mengalami dehidrasi.

2. Mengelola stres

Setiap manusia pastinya pernah atau barangkali sering mengalami tekanan hidup yang terkadang membuat stres berkepanjangan. Nah, jika mama sering stres tak terkendali, maka kulit mama akan jadi lebih sensitif dan memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Baca juga: Tips Menghilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Agar kulit jadi sehat, kondisi pikiran mama juga harus sehat. Mulai sekarang, perlu kiranya mengelola stres mama dengan baik. Misalnya, tidur cukup, kurangi beban kerja yang memberatkan mama, atau luangkan waktu untuk melakukan hobi yang mama sukai.

3. Merawat kulit dengan hati-hati

Membersihkan dan mencukur kulit setiap hari ternyata bisa merusak kulit mama lho. Untuk itu, mama harus memperlakukan kulit dengan lembut, jangan sembarangan. Mama bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Jika mama menyukai mandi dengan air panas, batasilah waktunya. Mandi air panas dalam waktu yang lama bisa menghilangkan minyak dari kulit mama. Batasilah waktu mandi dan gunakan air hangat, bukan air panas
  • Mencukur rambut haruslah cermat. Sebelum mencukur dan agar kulit mama terlindungi dengan baik, lumasilah kulit dengan krim cukur, lotion, atau gel
  • Setelah mandi, tepuk-tepuklah dengan lembut atau mengeringkan kulit dengan handuk agar sisa-sisa kelembaban di kulit mama tidak hilang
  • Apabila kulit mama kering, pakailah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit mama. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan juga pelembab yang mengandung SPF.


4. Lindungi kulit dari sinar matahari

Salah satu cara merawat kulit adalah dengan melindunginya dari sorot sinar matahari. Paparan sinar matahari yang dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan kulit mama jadi keriput, muncul bintik-bintik penuaan, dan masalah kulit lainnya serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Baca juga: Penyebab Bulu Mata Rontok dan Pengobatannya

Agar terlindung dari sinar matahari, ada beberapa tips yang bisa mama coba berikut ini.

  • Gunakan tabir surya ketika mama hendak berenang atau sekadar berjemur di pantai dengan sorotan sinar matahari yang kuat
  • Sinar matahari pada pukul 10:00 dan pukul 16:00 termasuk yang paling panas. Untuk itu, carilah tempat berteduh dan jangan berlama-lama di bawah sorotan langsung sinarnya
  • Apabila mama melakukan kegiatan di luar rumah, gunakan kemeja lengan panjang, celana panjang, dan topi lebar. Jika perlu gunakan lapisan tambahan pada pakaian agar terlindung dari ultraviolet atau pakaian pelindung matahari khusus yang dirancang untuk menghadang sinar ultraviolet.


5. Jauhi rokok

Tahukah mama bahwa merokok merupakan penyebab kulit terlihat lebih tua dan mengalami kerutan? Pasalnya, merokok pada dasarnya dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar yang mengurangi aliran darah dan menyebabkan kulit pucat. Selain itu, efek rokok juga bisa membuat kurangnya kadar oksigen dan nutrisi pada kulit, Mam.

Rokok juga bisa berdampak pada rusaknya kolagen dan elastin yang merupakan serat yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit mama. Dampak lainnya, merokok ternyata bisa meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa.

Jadi, jika mama adalah seorang perokok, maka cara terbaik untuk melindungi kulit mama adalah dengan berhenti total dari merokok. Kalau mama ragu dengan kesehatan kulit mama usai berhenti merokok, bisa bertanya pada dokter kulit.

Kesimpulan

Demikianlah, tips merawat kulit yang bisa mama coba sendiri dalam rutinitas keseharian. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menjalankan lima poin di atas. Hanya saja, terkadang pengubahan gaya hidup memang agak sukar dan mungkin juga memerlukan waktu yang berbeda-beda pada setiap orang. Untuk itu, jika mama ingin segera memiliki kulit yang kelihatan selalu sehat dan menawan, cobalah untuk melakukan ikhtiar lebih dan berusaha meninggalkan gaya hidup yang kurang sehat. Selamat mencoba, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar