Tips Menghilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Tips Menghilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Kantung mata dan mata panda (lingkaran hitam) bisa jadi mengurangi kecantikan seorang wanita, Mam. Bagi wanita, kedua hal tersebut adalah masalah besar dan tanda bahwa mama mengalami kelelahan dan mungkin juga stres.

Mata pada juga sebenarnya adalah masalah paling umum yang terjadi bagi hampir seluruh wanita, Mam. Umumnya, orang-orang beranggapan bahwa mata panda disebabkan kurang tidur. Meski pendapat ini benar, sebenarnya ada banyak faktor pendukung terjadinya mata panda.

mata panda
Sumber gambar: kb-seitai.com

Mata panda ini muncul tidak hanya dari faktor eksternal, tetapi juga bisa dari pertambahan usia seseorang. Untuk menghilangkan mata panda setidaknya mama mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebabnya.

Perlu diketahui bahwa mata panda tidak memerlukan perawatan yang spesifik. Namun hal itu bisa dihilangkan secara bertahap dengan mengubah gaya hidup mama. Itu sebabnya, mama tak perlu merasa terlalu khawatir.

Tentunya jika memang gaya atau pola hidup mama kurang baik, mama bisa mengubahnya agar mata panda tersebut lenyap. Lalu, bagaimana tips menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam yang benar? Yuk, simak selengkapnya artikel TemanMama.com berikut ini.

Menggunakan kantung teh

Teh tidak hanya dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari atau menemani waktu senggang mama. Teh juga bisa membantu menghilangkan mata panda. Setelah membuat teh biasanya kantung teh dibuang, tetapi kali ini mama bisa menggunakannya untuk menghilangkan kantung mata dan mata panda.

Ternyata kafein yang terdapat dalam teh mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit mama. Selain itu, antioksidan juga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan memperlambat proses penuaan.

Teh hijau khususnya telah disebut-sebut oleh para peneliti karena memiliki potensi efek anti-inflamasinya, seperti pernah ditunjukkan dalam sebuah penelitian baru-baru ini.

Cara menggunakannya cukup mudah:
  • Rendam dua kantong teh selama 3-5 menit
  • Biarkan kantong teh mendingin di lemari es selama 20 menit
  • Peras cairan ekstra dan oleskan ke daerah bawah mata
  • Biarkan kantung teh selama 15-30 menit 
Baca juga: Penyebab Bulu Mata Rontok dan Pengobatannya

Menggunakan kompres dingin

Mama tak perlu sampai membeli krim-krim yang harganya mahal hanya untuk menghilangkan kantung mata dan mata panda. Tetapi mama cukup menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan mata panda!

Meskipun kompres dingin tersedia di toko, mama bisa membuatnya sendiri kok di rumah. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain:
  • Satu sendok teh dingin
  • Mentimun dingin
  • Sekantung sayuran beku
  • Waslap basah
Sebelum digunakan, mama perlu membungkus kompres dengan kain lembut untuk melindungi kulit mama agar tak terlalu kedinginan. Mama hanya perlu memakainya selama beberapa menit dan lihatlah hasilnya!

Baca juga: Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh Orang Dewasa

Bersihkan riasan sebelum tidur

Mama bisa memperbaiki rutinitas malam yang dapat membantu menghindari munculnya kantung mata dan mata panda. Terutama hal yang penting mama lakukan adalah mencuci muka sebelum tidur setiap malam.

Ada beberapa alasan mengapa mama tidak boleh tidur dengan make up karena akan menyebabkan:
  • Iritasi
  • Reaksi alergi
  • Infeksi yang menimbulkan kemerahan, bengkah, dan gejala lainnya.
Ada orang yang berpendapat bahwa lupa mencuci muka bisa menyebabkan keriput atau rusaknya kulit. Apakah hal ini benar? Ketika mama tidur menggunakan riasan, maka akan berpotensi menyebabkan stres oksidatif yang membuat kulit menua sebelum waktunya.

Nah, itulah, Mam, tiga cara yang bisa mama lakukan untuk mengubah kebiasaan rutinitas malam agar terhindar atau—jika sudah terjadi—untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam. Selamat mencoba ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar