Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh Orang Dewasa

Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh Orang Dewasa

Makan sehat adalah makanan yang memberi kita nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatan selalu terjaga dengan baik, Mam.

Nutrisi dalam makanan sehat mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, air, dan mineral.

Seiring bertambahnya usia, orang dewasa harus memperhatikan makanan yang dikonsumi dan lebih tepatnya ialah apakah jenis makanan tertentu boleh, tidak, atau harus dikurangi jumlah konsumsinya.

makanan sehat
Sumber gambar: Pixabay/rawpixel

Orang dewasa setidaknya harus punya rencana harian mengenai jenis bahan pangan apa yang akan dikonsumsi, Mam. Misalnya, makanan sehat harian yang menekankan pada konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, termasuk juga daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Jangan pernah berpikir bahwa merencanakan makanan yang sehat adalah hal yang rumit. Sebenarnya mencari makan yang sehat itu cukup mudah. Mama bisa mengikuti saran dari Dietary Guidelines for Americans yang dirangkum TemanMama.com berikut ini.

Perencanaan makanan harian

Pertama-tama, mama bisa memakan buah dan sayuran.....

Pilihlah yang masih segar, beku, atau yang terdapat dalam kaleng. Mama bisa memakan lebih banyak sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli atau sayuran berwarna oranye seperti wortel dan ubi jalar.

Agar lebih variatif, Mama dapat memadukan protein yang terdapat pada ikan, kacang, atau kacang polong.

Selain itu, mama juga bisa mengonsumsi tiga ons sereal gandung, roti, nasi (atau nasi merah), setiap harinya.

Baca juga: Pola Hidup Sehat ala Nabi

Apalagi ditambah tiga porsi susu rendah lemak (atau produk turunannya seperti yoghurt dan keju) yang diperkaya dengan Vitamin D ternyata dapat menjaga tulang mama tetap sehat dan kuat, Mam.

Setelah terbiasa dengan perencanaan makanan yang sehat, mama dapat menyeimbangkannya dengan aktivitas fisik seperti berolahraga. Ini adalah resep terbaik bagi mama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Kalau mama punya waktu luang, setidaknya pada pagi hari sisihkanlah 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

Apabila mama sudah lama tidak aktif berolahraga, tidak ada halangan untuk memulainya.

Mama bisa mencobanya secara bertahap: berjalan terlebih dahulu, baru kemudian jika dirasa sudah cukup kuat bisa menambah kecepatannya.

Membatasi dan memilah jenis makanan

Selain tips di atas, ada juga tips lain yang bisa mama praktikkan sendiri, seperti yang dipaparkan secara detail dalam situs Sahealth.

Yang perlu diperhatikan orang dewasa adalah menghindari jenis-jenis makanan yang tidak cocok untuk kebutuhan tubuh orang dewasa. Mama bisa mencari daftar makanan yang di usia mama seharusnya sudah dikurangi.

Kedua, perbanyaklah minum air putih. Lalu batasilah lemak jenuh yang mama makan dan perhatikan total asupan lemak. Pilihlah jenis susu olahan rendah lemak dan makanan yang mengandung garam rendah.

Perhatikan juga makanan yang mengandung banyak gula. Mama disarankan untuk mengonsumsi gula dalam jumlah sedang atau makanan yang mengandung gula tambahan.

Sebenarnya berapa banyak yang kita butuhkan dari masing-masing kelompok jenis makanan?

Baca juga: Tipe-Tipe Kehamilan Berdasarkan Zodiak Mama

Hal ini bergantung pada pribadi masing-masing dengan mengacu pada beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, ukuran tubuh, dan tingkat aktivitas harian.

Agar lebih jelas, mama bisa lebih jauh mendiskusikannya kepada pakar kesehatan atau dokter pribadi.

Makanan sehat tidak cukup untuk menunjang gaya hidup sehat mama, sekalipun semua orang tahu bahwa nutrisi dalam makanan sangat penting bagi tubuh.

Akan tetapi, alangkah lebih baiknya ketika mama mengkombinasikan makanan sehat dengan aktivitas fisik yang akan membantu tubuh mama agar tetap sehat, kuat, dan terhindar dari penyakit. Semoga bermanfaat ya, Mam!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar