Benarkah Kerontokan Rambut Terjadi di Tiga Bulan Pertama setelah Melahirkan? Inilah Faktanya, Mam

Benarkah Kerontokan Rambut Terjadi di Tiga Bulan Pertama setelah Melahirkan? Inilah Faktanya, Mam

Kerontokan rambut bisa terjadi pada wanita di tiga bulan pertama setelah melahirkan. Apabila mama mengalami masalah demikian, yuk disimak faktanya dalam artikel ini.

Sekitar 90% rambut manusia tumbuh dalam satu waktu, sedangkan 10% lainnya memasuki fase istirahat. Setiap dua sampai tiga bulan rambut yang memasuki fase beristirahat itu kemudian mengalami kerontokan dan rambut baru pun tumbuh di situ.

kerontokan rambut ibu melahirkan
Sumber gambar: Pixabay/xusenru

Mama pernah mendengar istilah telogen effluvium? Istilah demikian berarti terjadi peluruhan rambut yang berlebihan dalam satu sampai lima bulan setelah masa kehamilan.

Hal seperti ini memang tidak biasa karena dialami setidaknya 40-50% wanita. Akan tetapi, sebagaimana perubahan selama kehamilan, hal ini bersifat sementara.

Normalkah kerontokan rambut dalam masa kehamilan?

Biasanya, kerontokan rambut berhubungan dengan kehamilan yang terjadi setelah fase melahirkan.

Dalam fase kehamilan ini, terjadi peningkat jumlah rambut yang masuk ke fase istirahat yang merupakan bagian dari siklus rambut rontok yang normal.

Mama tidak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak terlalu serius seperti menyebabkan kebotakan atau kerontokan permanen.

Baca juga: 9 Tanda Kehamilan yang Sering Dialami Mama Muda

Mama hanya harus mengetahui bahwa kerontokan itu harus berkurang dalam waktu 3-4 bulan setelah melahirkan.

Apabila mama mengalami kerontokan rambut yang tidak biasa sewaktu hamil, maka itu bisa disebabkan kekurangan vitamin dan mineral.

Kapan periode rambut rontok?

Periode kerontokan rambut yang paling umum terjadi sekitar tiga bulan setelah melahirkan.

Kenaikan hormon selama kehamilan membuat mama kehilangan rambut.

Setelah melahirkan, hormon kembali ke tingkat normal, yang memungkinkan rambut rontok dan kembali ke siklus normal. Pasalnya, kerontokan rambut normal yang tertunda selama kehamilan bisa rontok sekaligus.

Baca juga: Fakta Mengenai Kehamilan Ektopik yang Wajib Mama Ketahui

Sampai 60% rambut mama yang berada dalam keadaan pertumbuhan bisa masuk ke dalam keadaan istirahat telogen. Kerontokan rambut biasanya mencapai puncak 3-4 bulan setelah melahirkan karena folikel rambut mama meremajakan diri.

Kerontokan rambut yang mama alami ini bersifat sementara dan rambut rontok kembali normal dalam waktu enam sampai dua belas bulan.

Jadi, mama tak perlu khawatir berlebihan ya...
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar