9 Tanda-Tanda Kehamilan yang Sering Dialami Mama Muda

9 Tanda-Tanda Kehamilan yang Sering Dialami Mama Muda

Mungkin mama sedang hamil, tapi masing bingung dengan tanda-tandanya. Memang bagi sebagian wanita, gejala kehamilan paling awal terlihat dalam beberapa minggu pertama setelah terjadinya pembuahan.

Gejala kehamilan bagi sebagian wanita dimulai dalam beberapa minggu pertama setelah pembuahan. Tanda kehamilan setiap wanita juga berbeda-beda dalam soal intensitas, durasi, dan frekuensinya.

9 Tanda-Tanda Kehamilan yang Sering Dialami Mama Muda
Sumber gambar: Pixabay/rawpixel

Tanda-tanda awal kehamilan yang Temanmama.com sajikan berikut ini hanyalah sebagai informasi atau penanda yang umum terjadi pada ibu hamil. Soalnya, banyak gejala awal kehamilan yang muncul mirip dengan ketidaknyamanan ketika pra-menstruasi, Mam. Yuk disimak tanda-tandanya!

1. Payudara bengkak

Gejala awal kehamilan mungkin terlihat dari payudara mama yang bengkak. Setelah dua minggu terjadinya pembuahan, perubahan hormonal dapat membuat payudara mama terasa lembut, geli atau sakit. Selain itu, payudara mama juga mungkin lebih berisi dan lebih berat, Mam.

2. Gampang lelah

Mudah lelah juga bisa menjadi ukuran terjadinya tanda-tanda kehamilan loh. Selama masa awal kehamilan, kadar hormon progesteron mama membubung tinggi.

Dalam dosis yang lumayan tinggi, progesteron bisa membuat mama sangat kelelahan. Pada saat yang sama pula, kadar gula darah lebih rendah, tekanan darah lebih rendah, serta peningkatan produksi darah dapat menyerap energi mama selama masa kehamilan.

3. Perdarahan dan kram

Tanda kehamilan yang lain ialah munculnya perdarahan atau bercak di vagina. Perdarahan ini dikenal dengan nama perdarahan implantasi (pelekatan embrio pada dinding rahim). Ini terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim—sekitar 10 hingga 14 hari setelah terjadinya pembuahan.

Perdarahan jenis ini biasanya muncul lebih awal. Di samping itu, pada beberapa wanita juga mengalami kram perut di awal kehamilan. Nah, kram ini mirip dengan kram ketika menstruasi, Mam.

4. Mual-mual

Mama pernah merasakan morning sickness? Kondisi ini bisa menyerang kapan saja, baik siang ataupun malam.

Morning sickness merupakan salah satu gejala klasik kehamilan, Mam. Bagi sebagian wanita, rasa mual dimulai sejak dua minggu setelah pembuahan.

Rasa mual sepertinya berasal dari peningkatan kadar estrogen yang sangat cepat dan menyebabkan perus kosong lebih lambat.

Selain itu, wanita hamil memang biasanya memiliki penciuman yang tajam, sehingga bau-bauan seperti makanan yang dimasak, parfum, ataupun asap rokok bisa membuat ibu hamil mual-mual.

5. Ngidam makanan tertentu

Saat hamil, mama mungkin tergiur dengan makanan tertentu, misalnya tiba-tiba ingin durian atau kolak pisang. Mengidamkan makanan tertentu sangat umum terjadi pada ibu hamil.

Sebagaimana gejala kehamilan lainnya, preferensi terhadap makanan ini bisa dihubungkan dengan perubahan hormonal, tertama pada trimester pertama, ketika perubahan homonal terjadi dengan cukup dramatis.

6. Sakit kepala

Pada masa awal kehamilan, peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan perubahan hormon sering memicu sakit kepala ringan, Ma.

7. Sembelit

Sembelit adalah gejala awal kehamilan yang juga umum terjadi. Peningkatan progesteron menyebabkan makanan lewat lebih lambat di usus sehingga bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit.

8. Suasana hati berubah-ubah

Luapan hormon dalam tubuh di awal kehamilan bisa membuat mama jadi orang yang emosional dan gampang menangis. Perubahan suasana hati ini juga dianggap hal yang masih umum, terutama di trimester pertama.

9. Pingsan

Saat pembuluh darah melebar dan tekanan darah turun, mama kemungkinan merasa pusing. Di masa awal kehamilan ini, pingsan juga bisa dipicu akibat gula darah yang rendah.

Nah, itu 9 gambaran umum tanda-tanda kehamilan, Mam. Apakah mama merasakan hal di atas atau mungkin lebih banyak dari sembilan gejala tersebut? Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat ya, Mam.

Baca juga: Fakta Mengenai Kehamilan Ektopik
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar